Sosialisasi Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-K/L TA 2023 serta Pendampingan Penyusunan RKA-K/L TA 2023 PTA Bengkulu dan Pengadilan Agama Sewilayah

 

berita 16622.jpg

Selasa, 14 Juni 2022, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menghadiri zoom meeting sosialisasi petunjuk teknis penyusunan RKA-K/L tahun anggaran 2023. Kegiatan yang diadakan oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI ini dihadiri oleh Kasubbag rencana program dan anggaran, dan staf rencana program dan anggaran PTA Bengkulu serta seluruh  Pengadilan di lingkungan Mahkamah Agung RI.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Biro perencanaan dan organisasi Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pemaparan juknis dan kebijakan perencanaan  program dan penganggaran TA 2023. Setelah pemaparan juknis tersebut, dilanjutkan oleh dengan telaah Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) oleh badan pengawasan MA RI. Terakhir, acara dilanjutkan dengan materi kebijakan anggaran pemerintah tahun 2023 dan juga materi tentang TOR atau kerangka acuan kegiatan serta Rincian Anggaran Biaya (RAB) dengan narasumber DJA Kementerian Keuangan.

berita 16622 1.jpg

Rabu 15 Juni 2022, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan RKAKL  T.A 2023 oleh Biro Perencanaan dan kabag perencanaan dan kepegawaian, dihadiri oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, Kasubbag Rencana program dan anggaran, serta seluruh Sekretaris dan jajaran perencanaan di Pengadilan Agama sewilayah. Pada pendampingan ini, disampaikan bahwa pada tahun anggaran 2023, akun khusus operasional covid dihilangkan. Selain itu juga dijelaskan beberapa langkah-langkah teknis untuk penyusunan RKA-K/L TA 2023 dimana biaya operasional dan non operasional tidak boleh lebih dari matriks yang sudah diberikan. Pendampingan penyusunan ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi satuan kerja untuk menyusun dan mendapatkan rencana anggaran untuk kegiatan-kegiatan di TA 2023 yang sesuai dengan kondisi di satuan kerja.