Seputar Peradilan

KETUA PTA BENGKULU LAKUKAN PEMBINAAN DI PA KEPAHIANG, PA LEBONG

SERTA  SIDAK DI PA ARGAMAKMUR

Rabu (6/3) bertempat di Pengadilan Agama Kepahiang berlangsung pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Bpk. Drs. H. Pelmizar, M.H.I. yang berlangsung selama satu hari. Sebelum melakukan pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menyempatkan diri melihat-lihat kondisi kantor dan sarana prasarana yang ada di Pengadilan Agama Kepahiang yang merupakan salah satu satker baru di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

misda3

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kepahiang Syakaromilah, S.H., M.H. dalam sambutannya melaporkan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu bahwa Pengadilan Agama Kepahiang sebagai satker baru terus berbenah dengan maksimal terutama menyediakan sarana dan prasarana bagi masyarakat pencari keadilan yang membutukan pelayanan di Pengadilan Agama Kepahiang dan dengan segala keterbatasan kedepan Pengadilan Agama Kepahiang akan terus berbenah untuk menjadi lebih baik lagi.

misda4

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dalam pembinaannya menyampaikan bahwa sejak diresmikannya operasional pengadilan agama baru di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dirinya belum pernah melihat secara langsung kondisi sesungguhnya di lapangan pengadilan agama baru dan ini adalah untuk pertama kalinya beliau berkesempatan mengunjungi pengadilan agama baru dimana Pengadilan Agama Kepahiang yang mendapatkan kesempatan pertama kali. selain untuk melihat secara langsung kondisi Pengadilan Agama Kepahiang, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Drs. H. Pelmizar, M.H.I. juga menyampaikan maksud dan tujuan untuk silaturahmi dan memberikan pembinaan untuk membangun suasana kondusif lingkungan kerja agar kegiatan pelayanan kepada masyarakat terpenuhi secara maksimal. Pada kesempatan ini juga beliau berpesan agar Pengadilan Agama Kepahiang sebagai satker baru membuat profil sejarah awal berdiri dan beroperasi sehingga nantinya akan dikenang oleh generasi penerus mengenai berdirinya Pengadilan Agama Kepahiang. Materi pembinaan lainnya yang disampikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu diantaranya Pengadilan Agama Kepahiang segera menyusun program kerja sebagai tindak lanjut hasil Rakerda, target penyelesaian perkara maksimal 7%, disiplin waktu kerja, disiplin pakaian kerja dan penggunaan atribut, program unggulan dan aplikasi unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

misda5

Keesokan harinya Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Drs. H. Pelmizar, M.H.I. juga dilakukan di Pengadilan Agama Lebong pada hari Jum’at tanggal 8 Maret 2019. Dalam pembinaannya beliau menjampaikan antrara lain ingin memperoleh gambaraan riil di lapangan kondisi Pengadilan Agama Lebong, permasalahan dan kendala terkait pelaksanaan tugas kedinasan, target penyelesaian perkara dengan sisa maksimal 7% di akhir tahun, penyusunan program kerja, Kewajiban mengisi dan mengirimkan LHKPN bagi pimpinan dan pejabat pengadilan, program unggulan dan aplikasi unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

misda6

Pada hari yang sama Jum’at (8/3) bertempat di Pengadilan Agama Argamakmur inspeksi mendadak (sidak dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Drs. H. Pelmizar, M.H.I., sebagai tindak lanjut dari instruksi Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang tertuang dalam surat nomor : 0618/DJA/PS.00/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Hasil Inspeksi Mendadak.

misda7

Inspeksi mendadak dilakukan terkait pelaksanaan tugas, fungsi, disiplin dan lain-lain serta didapati temuan diantaranya masih ada hakim dan pejabat yang keluar kantor tanpa izin, sisa perkara yang masih tinggi dan belum dipasang foto ketua dan wakil ketua Mahkamah Agung di ruang pimpinan pengadilan.   Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan agar temuan hakim berupa pejabat yang keluar kantor dengan tanpa izin diperintahkan untuk menghadap ke Kantor Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.    

misda8