Seputar Peradilan

SONGSONG ZONA INTEGRITAS, PTA BENGKULU ADAKAN

SOSIALISASI MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS

Memberikan kepuasan kepada masyarakat sudah menjadi tujuan pelaksanaan reformasi birokrasi terlebih bagi institusi peradilan yang mempunyai tugas pokok dalam melayani masyarakat berperkara. Atas landasan itu, Dirjen Peradilan Agama mempunyai dukungan 7 piranti lunak untuk mempermudah aparat peradilan dalam melayani  masyarakat pada zaman milenial sekarang ini. Ketujuh aplikasi tersebut yaitu Notifikasi Perkara, Info Produk Pengadilan, Antrian Sidang Elektronik, Verifikasi Data Kemiskinan, PNBP Perkara Elektronik, e-Eksaminasi dan Command Center Badilag.

misda

Berkaitan dengan hal itu, bertempat di Ruang Aula Kantor PTA Bengkulu, Senin (04/03/2019) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menyelenggarakan Sosialisasi Membangun Zona Integritas bagi Pengadilan Agama di wilayah hukum PTA Bengkulu.

Pencanangan dan membangun Zona Integritas (ZI) merupakan upaya berkelanjutan Badilag dalam meningkatkan kualitas pelayanan berperkara, setelah sebelumnya Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang telah dilaksanakan sesuai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi. 

Acara dibuka dan diisi langsung oleh Ketua PTA Bengkulu, Bapak H. Pelmizar yang didampingi oleh Wakil Ketua PTA Bengkulu, Ibu Hj. Rokhanah, dan Panitera PTA Bengkulu Ibu Itna Fauza Qadriyah serta Sekretaris PTA Bengkulu, Bapak H. Nursani.

misda2

Dalam sambutannya, Ketua PTA Bnegkulu mengajak pengadilan agama di wilayah PTA Bengkulu untuk segera mempersiapkan diri dalam mengimplementasikan Zona Integritas di kantor masing-masing.

“Mulai dari sekarang, kita bekerja harus selalu berorientasi pada Zona Integritas. Persiapkan data konkrit pendukung Zona Integritas, termasuk pidato pimpinan, action deklarasi berupa yel-yel, penandatangan pakta integritas hingga nantinya membuat SK Tim Zona Integritas” pesan beliau.

Tidak hanya itu, segala atribut yang terdapat pada ruangan pelayanan penerimaan perkara, seperti halnya running text, banner, atau media lainnya, pengadilan agama dapat menambahkan semangat Zona Integritas pada media-media tersebut sehingga para masyarakat khusunya pencari keadilan dapat melihat dan membaca serta merasakan semangat Zona Integritas dalam melayani mereka.

Untuk itu, Ketua PTA Bengkulu mengajak seluruh hadirin yang hadir segera untuk menyiapkan segala dokumen dan atribut pendukung Zona Integritas secepatnya. “Kami minta agar Saudara sekalian di akhir Maret ini seluruh evidence dapat dikumpulkan” pesan beliau sambil menutup acara.