Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas Melayani, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

PENGADILAN TINGGI AGAMA BENGKULU

SELENGGARAKAN RAKERDA DIAWAL TAHUN 2019

 

Selasa, 12 Februari 2019 bertempat di aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, telah diselenggarakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Tahun 2019.

DSC 0006

Acara RAKERDA diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, dan Pejabat Struktural & Fungsional Pengadilan Tinggi  Agama Bengkulu dan Ketua, Wakil Ketua, Hakim Senior, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Seluruh peserta acara ini berjumlah 62 orang, dan berlangsung selama (2) dua hari dari Hari Selasa dan Rabu tanggal 12 s.d. 13 Februari 2019.

                                                                                                           DSC 0024

Acara pembukaan di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan kalam ilahi oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H. Asry Damsi, S.H., M.H. dan do’a yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Tais, Hambali, S.H., M.H. dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana RAKERDA Tahun 2019, Dra. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. kemudian sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Bapak Drs. H. Pelmizar, M.H.I. sekaligus membuka acara RAKERDA Tahun 2019 secara resmi.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa RAKERDA merupakan forum untuk menyatukan program-program kerja yang ada dilapangan, salah satunya mewujudkan mimpi Mahkamah Agung yaitu mewujudkan badan peradilan agama yang agung serta mewujudkan misi Mahkamah Agung yaitu :

  1. Menjaga Kemandirian Badan Peradilan
  2. Memberikan Pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan
  3. Meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan
  4. Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi badan peradilan.

Dan tujuan Rakerda untuk melakukan evaluasi pelaksanaan tugas Tahun 2018, kendala-kendala apa yang dihadapi dan mencarikan solusinya. Selanjutnya diharapkan penyusunan program kerja bisa kita lakukan dan sesuai dengan kebutuhan organisasi masing-masing satker.Dengan Tema Rakerda yang ada “Era Baru Peradilan Agama Seprovinsi Bengkulu Berbasis Digital”, hal ini sejalan dengan Mahkamah Agung/Dirjen Badilag Mahkamah Agung tentang e-court, dan lain lainnya, untuk perlu diciptakan dan dikembangkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan Rapat Pleno I agenda tentang Pengarahan, pembinaan dan Kebijakan Umum oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pembinaan Pengawasan serta Program Kerja 2019 oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu serta Laporan dari Ketua Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Kemudian dilanjutkan Pleno II dan diakhiri smapai dengan jam 16.30 WIB.

Hari Rabu tanggal 14 Februari 2019 jam 08.00 s.d. 10.30 acara dimulai Sidang Komisi (Komisi I membahas Administrasi Teknis Yustisial, Komisi II membahas Administrasi Perkara, Komisi III membahas Adminsitrasi Umum, dan Komisi IV membahas Pembinaan dan Pengawasan, Selanjutnya Rapat Pleno III berlangsung dengan menyampaikan laporan pembahasan dari masing-masing komisi, dan hasilnya diserahkan kepada Tim Perumus Rakerda.

Acara berakhir dengan Rumusan yang telah dibuat Tim Perumus diserahkan ke Ketua Panitia (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu) dan dari Ketua Panitia diserahkan ke Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, dan langsung dilanjutkan dengan acara Penutupan secara resmi Rakerda Tahun 2019 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Beliau menyampaikan Program kerja yang telah disusun Rekarda menjadi acuan/pedoman dalam pelaksanaan tugas Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan dilakukan evaluasi secara berkala. Sambutan diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas pengorbanannya dan bantuannya sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar.