Seputar Peradilan

Peningkatan Kompetensi Hakim, PTA Bengkulu Laksanakan E-Test Calon Peserta Diklat Hakim Ekonomi Syariah 

 

Bertempat di Ruang Aula Kantor PTA Bengkulu, Jumat (01/02/2019) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menyelenggarakan tes secara elektronik (e-test) Calon Peserta Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah.

Pelaksanaan kegiatan yang didasari atas surat Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Nomor : 0348/DJA.2/HM.01.1/1/2019 tanggal 31 Januari 2019 yang sejatinya diikuti oleh 9 (sembilan) orang, namun 1 (satu) orang peserta berhalangan hadir yaitu Bapak Suhaimi, Hakim PA Bengkulu sehingga peserta yang ikut e-test  kali ini hanya berjumlah 8 (delapan) orang.

etestekosyariahptabengkulu.JPG 

Tepat pukul 09.15 WIB, kegiatan dibuka langsung oleh Ketua PTA Bengkulu Bapak H. Pelmizar didampingi Bapak Aqshaa Hakim Tinggi PTA Bengkulu sekaligus bertindak sebagai Ketua Panitia E-Test Calon Peserta Diklat Hakim Ekonomi Syariah, dan Sekretaris PTA Bengkulu, Bapak H. Nursani serta Panitera PTA Bengkulu, Ibu Itna Fauzah Qadriyah dan dihadiri oleh Hakim Tinggi serta Panitia E-Tes.Dalam sambutannya KPTA Bengkulu menyampaikan, besar harapan beliau agar seluruh para peserta e-test  dapat lulus sehingga dapat mengikuti diklat Hakim Ekonomi Syariah nantinya.

“Seperti yang kita ketahui, Ekonomi Syariah telah menjadi kewenangan pengadilan agama. Untuk itu harus bersungguh-sungguh dalam menghadapi tes ini. Saya harap seluruh peserta lulus, nantinya dapat mengikuti diklat Hakim Ekonomi Syariah sehingga mendapat sertifikat untuk menangani perkara ekonomi syariah. Selamat mengikuti dan semoga sukses” sambut beliau.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video yang berisi sambutan dari Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI untuk para peserta e-test calon peserta diklat hakim ekonomi syariah ini, dan pelaksanaan tes secara online. Pelaksanaan tes berlangsung lancar, para peserta tampak dengan serius dan antusias mengikuti tes sesuai waktu yang ditentukan

etesekosyariahptabengkulu_1.jpg 

Dari pelaksanaan tes, hasil nilai e-test tertinggi pertama berhasil diraih oleh Bapak Marlin Pradinata, Hakim pada PA Lebong disusul oleh Ibu Sri Wahyuni, Wakil Ketua PA Bintuhan. Kemudian Bapak H. Azkar Wakil Ketua PA Curup, Bapak Ahmad Nasoha Ketua PA Curup, Bapak Abd. Samad A.Aziz Wakil Ketua PA lebong, Bapak Mukhlisin Noor Ketua PA Lebong, Ibu Sudiliharti Hakim PA Manna, dan Bapak Husniadi Ketua PA Bengkulu.

Tepat pukul 11 siang, kegiatan selesai dan ditutup langsung oleh Ketua PTA Bengkulu, Bapak H. Pelmizar. Sebagai penutup, Bapak H. Pelmizar kembali berpesan kepada seluruh peserta tes untuk tetap menerima perkara ekonomi syariah di tempat tugas masing-masing, walaupun belum ada hakim yang memiliki sertifikat diklat ekonomi syariah.

etesekosyariahptabkl_2.JPG 

“Sesuai ketentuan perundangan, ekonomi syariah sudah menjadi wewenang kita. Jadi kalau ada perkara ekonomi syariah yang masuk, terima dulu jangan ditolak”pesan beliau.

Adapun hasil pelaksanaan e-test calon peserta diklat sertifikasi ekonomi syariah dari PTA Bengkulu belum dapat diperoleh siapa saja yang berhasil menjadi peserta Diklat Hakim Ekonomi Syariah, mengingat masih menunggu penunjukan peserta secara resmi dari Badilag Mahkamah Agung RI yang akan diumumkan di kemudian hari. Semoga sukses buat para peserta, Amin.