Seputar Peradilan

USAI DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAH,

TIGA PIMPINAN PA BARU LANJUT MELANTIK  DAN MENGAMBIL SUMPAH

 

pelantikan 3 pa 1.jpg

Ketua PTA Bengkulu

Delapan puluh lima pengadilan baru 3 (tiga) lingkungan peradilan diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara tanggal 22 Oktober 2018 lalu, dimana terdapat 4 (empat) Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang termasuk di dalamnya, yaitu Pengadilan Agama Muko-Muko Kelas II, Pengadilan Agama Bintuhan kelas II, Pengadilan Agama Tais Kelas II, dan pengadilan Agama Kepahiang Kelas II.

pelantikan 3 pa2.jpg

Pelantikan Ketua PA Tais, Waka PA Muko-Muko, Waka PA Kepahiang

 Pasca peresmian tersebut, Selasa (30/10/2018), Drs. H. Pelmizar, M.H.I., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu melantik dan mengambil sumpah jabatan, serta melaksanakan pemasangan kalung jabatan 3 (tiga) Pimpinan Pengadilan Agama yang baru saja diresmikan tersebut. Adapun ketiga Pimpinan Pengadilan yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut yakni, Ketua Pengadilan Agama Tais Kelas II, Hambali, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Muko-Muko Kelas II, Syarifah Aini, S.Ag., M.H.I., dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kepahiang Kelas II, Syakaromilah, S.H.I., M.H. Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIB, bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Seharusnya ada 4 (empat) pimpinan pengadilan yang dilantik, namun dikarenakan acara pelantikan ini bertepatan dengan Wakil ketua Pengadilan Agama Bintuhan Kelas II, Sri Wahyuni, S.Ag., M.Ag., sedang menunaikan ibadah Umroh di Makkah, maka pelantikan dan pengambilan sumpah jabatannya akan dilaksanakan setelah kepulangan Waka PA Bintuhan tersebut, diperkirakan tanggal 6 November 2018.

Selesai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan ketiga Pimpinan baru ini, langsung dilanjutkan dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural dari Ketiga Pengadilan Agama baru tersebut, oleh masing-masing Pimpinan Pengadilan yang baru saja dilantik.

pelantikan 3 pa 3.jpg

Pelantikan PA Tais Kelas II

Untuk menghemat waktu, acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilaksanakan  secara serentak pukul 10.30 WIB., namun di 3 (tiga) ruangan yang berbeda. PA Muko-Muko melaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di ruang Sekretaris PTA Bengkulu, PA Tais di Aula PTA Bengkulu, dan PA Kepahiang di ruang Panitera PTA Bengkulu. Acara yang khidmat ini berlangsung lancar dan terasa haru, karena hampir seluruh pejabat yang dilantik berpindah satuan kerja. Ada pertemuan dan perpisahan dalam acara ini, namun tidak mengurangi rasa kebahagiaan yang mendalam.

pelantikan 3 pa 4.jpg

Acara Rapat Koordinasi

Dijeda dengan istirahat, solat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang dimulai pukul 13.30 di Aula PTA Bengkulu. KPTA Bengkulu yang bertindak sebagai Pimpinan Rakor didampingi Waka PTA Bengkulu dan Panitera PTA Bengkulu, menyampaikan pesan dan nasehat terutama ditujukan kepada seluruh pejabat Pengadilan Agama yang baru diambil sumpah dan dilantik, sebagai bekal melaksanakan tugas di satker yang baru.