Seputar Peradilan

PEMBINAAN TATA PERSURATAN DAN PENGARSIPAN PADA PTA BENGKULU

 

tataarsip2.jpg

Guna keseragaman dan tertib administrasi tata persuratan dan pengarsipan di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya, termasuk wilayah Bengkulu, Mahkamah Agung menugaskan Tim untuk melakukan pembinaan administrasi tata persuratan dan pengarsipan di Wilayah Bengkulu.

Tim yang beranggotakan 4 orang, Sutriyadi, S.H., M.H., Kasubbag Agenda dan Pengiriman MARi, Budi Wantoro, S.H., M.H., Kasubbag Arsip dan Dokumentasi, dan dua orang staf MARI, Rudyanto, S.H. dan Tarmidi, S.H. tiba di Bengkulu pada hari Rabu (26/09) untuk melakukan pembinaan di PTA Bengkulu dan PA Bengkulu. Diawal kedatangannya, tim ini disambut KPTA Bengkulu, Drs. H. Pelmizar, M.H.I. dan Kabag Perencanaan dan Kepegawaian, Sisli Rudi, S.H., M.H.

tataarsip11.jpg

Keempatnya melakukan pengawasan, evaluasi dan pembinaan secara langsung terhadap kegiatan tata persuratan dan penataan arsip-arsip di seluruh bagian di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Sutriyadi, selaku ketua tim mengatakan bahwa secara keseluruhan administrasi tata persuratan dan pengarsipan di PTA Bengkulu sudah tertata dengan rapi, terlebih lagi pasca mendapatkan akreditasi A Excelent dari Mahkamah Agung RI, hanya ada beberapa bagian saja yang perlu disempurnakan kembali.

Kegiatan pembinaan secara langsung dirasakan oleh warga PTA Bengkulu sangat bermanfaat. Mendapat kunjungan seperti ini adalah kesempatan berharga, karena dapat mengetahui administrasi pengarsipan yang  benar sesuai tata pengarsipan nasional adalah langkah awal untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan.