Seputar Peradilan

Jelang SAPM, PTA Bengkulu Adakan Pertemuan Persiapan SAPM

Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Jumat 03 Agustus 2018 seluruh unsur pegawai Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menghadiri konsolidasi awal persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Pertemuan ini langsung dipimpin oleh Ketua Tim SAPM Propinsi Bengkulu Bapak Drs. H. Sudarmadi,M.H. dengan didampingi oleh Panitera PTA Bengkulu Bapak Misbahul Munir, S.H.,M.H. dan Sekretaris PTA Bengkulu Bapak Hendriansyah,S.H.M.H. 

SAPM PTA BENGKULU2

 

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) merupakan program utama Mahkamah Agung RI khususnya Dirjend Peradilan Agama untuk menjamin pelayanan peradilan terhadap masyarakat terutama pencari keadilan terselenggara secara seragam, maksimal dan berkualitas.

Pada tahap awal ini, konsolidasi dilakukan sebagai langkah awal menghadapi assessment internal yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2018. Dalam penyampaiannya, Ketua SAPM Propinsi Bengkulu Drs. H. Sudarmadi,M.H. mengingatkan untuk segera mempersiapkan semua dokumen-dokumen awal terkait SAPM serta sarana dan prasarana kantor untuk mendukung internal assessment SAPM nanti yang akan dihadapi.

“Rapat persiapan ini sebagai bentuk pemanasan sebelum deklarasi SAPM. Deklarasi SAPM itu nantinya adalah bukti tanda komitmen seluruh pegawai PTA Bengkulu untuk melaksanakan SAPM, karena tidak mungkin SAPM dapat berjalan jika ada salah satu unsur yang tidak berpartisipasi” ujar beliau.

 

SAPM_PTA_BENGKULU4.jpg

 

Adapun deklarasi SAPM PTA Bengkulu direncanakan akan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 08 Agustus 2018 yang akan melibatkan seluruh unsur pegawai PTA Bengkulu, baik unsur pimpinan, hakim tinggi, para pejabat, staf hingga seluruh honorer PTA Bengkulu.

 

Tidak hanya itu, Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Bapak Misbahul Munir,S.H.,M.H. juga menekankan kepada jajaran kepaniteraan untuk mendukung pelaksanaan SAPM. “Mengingat core business peradilan merupakan pelayanan kepada pencari keadilan, mulai dari datang ke gedung pengadilan hingga perkara tersebut putus dan selesai, maka implementasi dari SAPM sangat dibutuhkan dalam pelayanan bukan hanya sekedar melengkapi dokumen SAPM” tekan beliau.

 

Sedangkan untuk bagian kesekretariatan, Sekretaris PTA Bengkulu Bapak Hendriansyah,S.H.M.H. sebagai pimpinan unsur kesekretariatan menyampaikan kesiapan bagian kesekretariatan mendukung SAPM PTA Bengkulu baik kelengkapan dokumen hingga segala sarana dan prasarana pendukung yang diperlukan. “Pelaksanaan SAPM harus dilaksanakan secara utuh, tidak boleh setengah-tengah. Semua perangkat yang diperlukan termasuk banner-banner, APAR, penanda/petunjuk yang lainnya kami siap sediakan”tambah beliau.