Seputar Peradilan

PTA Bengkulu Gelar Rapat Koordinasi

11

Guna menerima saran dan usul serta masukan dari semua bagian, Ketua PTA Bengkulu H. Pelmizar meminta kepada hakim tinggi dan pejabat struktural dan fungsional untuk duduk bersama membicarakan peningkatan kinerja. Hal ini disebabkan H. Pelmizar merupakan orang baru di PTA Bengkulu sehingga dirinya ingin mengetahui sejauh mana capaian yang diperoleh selama ini.

12

“Saya ingin laporan dari semua bagian sejauh mana capaian yang telah diraih selama ini sehingga dapat kita inventarisir permasalahan untuk kita carikan solusinya guna peningkatan kinerjadi PTA Bengkulu ini,” ujar H. Pelmizar dalam kata pengantarnya.

Rapat yang digelar pada hari Rabu (11/07) di aula PTA Bengkulu tersebut dihadiri Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan seluruh pejabat lainnya serta staf dan honorer.

Lebih lanjut disampaikan oleh H. Pelmizar, dirinya perlu mendapat masukan dan saran dari semua bagian agar dapat mempetakan permasalahan. Selain itu, pertemuan kali ini, ujarnya lagi, untuk menyatukan persepsi dan pandangan dalam memajukan PTA Bengkulu dan PA sewilayah PTA Bengkulu.

“Apabila kita secara bersama-sama, insya Allah semua permasalahan akan dapat kita carikan pemecahannya, oleh sebab itu mohon saran dan masukan dari Bapak/Ibu semua,” pinta H. Pelmizar yang berasal dari Bukittinggi ini.

Wakil Ketua PTA Bengkulu H. Abd. Hamid Pulungan yang mendapat giliran pertama menyampaikan laporan, menjelaskan bahwa pembinaan dan pengawasan selama ini di PTA Bengkulu telah berjalan dengan baik. Binwas tersebut dilaksanakan oleh Hatiwasda bersama dengan staf Kepaniteraan dan staf Kesekretariatan. Untuk tahun 2017, urai H. Abd. Hamid Pulungan lebih lanjut, binwas hanya dapat dilaksanakan satu kali dan tidak ada monitoring dan evaluasi. Hal ini mengingat keterbatasan dana yang tersedia.

“Tahun 2017, telah dilaksanakan binwas oleh Hatiwasda bersama staf Kepaniteraan dan staf Kesekretariatan terhadap semua PA, hanya saja tidak ada monitoring dan evaluasi,” papar H. Abd. Hamid Pulungan.

Selain itu, tambahnya lagi, Hatiwasbid pun telah melakukan pengawasan bidang di PTA Bengkulu dan masing-masing tim membuat laporan atas pengawasan tersebut.

Setelah H. Abd. Hamid Pulungan selesai menyampaikan laporannya, lalu disusul Panitera dan Sekretaris serta Kabag menyampaikan laporan. Masing-masing menguraikan capaian kinerja yang diraih selama ini maupun permasalahan yang dihadapi. Tidak terkecuali, hakim tinggi pun diminta menyampaikan saran dan masukan atas apa yang telah dilaksanakan selama ini.

Topik yang dibahas hari itu tidak hanya tugas pokok, tapi juga organisasi internal seperti IKAHI, IPASPI, Dharmayukti Karini dan lain-lain. Oleh sebab itu, rapat kali ini sampai sore hari dengan istirahat untuk ishoma.

Ketua PTA Bengkulu H. Pelmizar dengan tekun mendengarkan laporan yang disampaikan dan membahasnya satu persatu. Di pengujung rapat, dirinya meminta kepada Wakil Ketua untuk menginventarisir permasalahan dan dicarikan solusinya. Rapat ditutup tepat pukul 16.00 Wib.