Seputar Peradilan

PTA Bengkulu Gelar Rapat Koordinasi

rakor 1

Pada hari Kamis dan Jum’at (28-29/06) PTA Bengkulu melaksanakan rapat koordinasi yang diikuti PA sewilayah PTA Bengkulu. Hadir dalam rakor tersebut, Ketua PTA Bengkulu H. Pelmizar, Wakil Ketua H. Abd. Hamid Pulungan, Panitera H. Misbahul Munir, Sekretaris Hendriansyah, para hakim tinggi, pejabat struktural dan fungsional. Sedangkan dari PA dihadiri Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris.

rakor 2

Dalam kata pengantarnya ketika membuka rakor tersebut, Sekretaris PTA Bengkulu Hendriansyah menjelaskan, bahwa rapat koordinasi  membahas beberapa hal antara lain penegakan disiplin, laporan dari PA tentang masalah yang perlu dicarikan solusinya dan arahan dari Ketua PTA Bengkulu.

Disebutkan Hendriansyah, memasuki semester kedua tahun 2018 ini perlu dibahas capaian yang diraih pada semester pertama dan rencana yang akan dilaksanakan pada semester kedua.

“Pada rapat koordinasi kali ini akan dibahas beberapa hal, antara lain tentang penegakan disiplin, persiapan penerimaan akreditasi PA Bengkulu dan PA Curup serta lain-lain,” urai Hendriansyah menjelaskan.

Sementara itu, Wakil Ketua PTA Bengkulu H. Abd. Hamid Pulungan dalam penyampaiannya menyoroti tentang kehadiran hakim dan pegawai pasca Idul Fitri 1439 H. Dijelaskannya, sesuai dengan rekapitulasi kehadiran PNS pasca Idul Fitri 1439 H yang dirilis MA, alhamdulillah tidak ada hakim maupun pegawai PTA Bengkulu dan PA sewilayah PTA Bengkulu yang tidak hadir tanpa keterangan.  

Apabila dibandingkan dengan PTA lain, urainya lagi, patut disyukuri apa yang diraih PTA Bengkulu. Sebab, urainya memberi alasan, terdapat beberapa hakim dan pegawai di PTA lain yang tidak hadir tanpa keterangan, bahkan ada yang jumlahnya 21 orang.

“Alhamdulillah, baik hakim maupun pegawai PTA Bengkulu dan PA sewilayah PTA Bengkulu tidak ada yang tidak hadir tanpa keterangan pasca Idul Fitri 1439 H yang lalu,” urainya menginformasikan.

“Memang terdapat beberapa orang hakim dan pegawai yang tidak hadir, tapi karena sakit dan didukung dengan surat keterangan dokter,” tandasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan meminta kepada hakim dan pegawai PTA Bengkulu dan PA sewilayah PTA Bengkulu untuk konsisten dalam penegakan disiplin. Menurut orang nomor dua di PTA Bengkulu ini, penegakan disiplin adalah awal dalam meraih kesuksesan.

“Sukses itu diawali dari disiplin yang tinggi,” pungkasnya.

Setelah Wakil Ketua PTA Bengkulu H. Abd. Hamid Pulungan selesai memaparkan penegakan disiplin, lalu Hendriansyah mempersilahkan kepada PA untuk menyampaikan permasalahan di PA masing-masing.   

Ketua PA Bengkulu Johan Arifin dalam laporannya mohon penjelasan tentang tatacara perbaikan nama pada akta cerai terutama dalam putusan verstek. Hal ini mengingat, ada pihak yang mengajukan hal tersebut ke PA Bengkulu. Ketua PA Manna H. Hartawan meminta penjelasan tentang permohonan cuti bagi CPNS/Cakim yang akan melangsungkan pernikahan. Dan Ketua PA lainnya menyampaikan permasalahan di PA masing-masing.

Terhadap permasalahan yang disampaikan tersebut, tidak langsung diberikan jawaban, karena akan dibahas dulu oleh hakim tinggi maupun oleh pejabat terkait, kecuali yang dianggap permasalahan mendesak penyelesaiannya seperti permohonan cuti bagi CPNS/Cakim.

Ketua PTA Bengkulu H. Pelmizar dalam arahannya menyatakan dirinya meminta masukan dari PA sewilayah PTA Bengkulu sebagai bahan untuk mempetakan permasalahan yang dihadapi sekarang ini. Hal ini penting, urainya memberi alasan, karena dirinya adalah orang baru di PTA Bengkulu. Selain itu, H. Pelmizar juga menyebutkan, dirinya akan melakukan kunjungan kerja ke PA sewilayah PA Bengkulu untuk silaturrahmi dan membahas berbagai permasalahan sehingga tugas pokok dan fungsi pengadilan berjalan sebagaimana mestinya.

“Dalam kesempatan ini, saya hanya menerima masukan dari Bapak/Ibu sebagai bahan bagi saya untuk kajian lebih lanjut agar visi dan misi yang telah ditetapkan tercapai dengan baik,”  papar H. Pelmizar.

Dalam paparannya, H. Pelmizar juga tidak lupa memperkenalkan diri. Hal ini mengingat, baru kali ini dirinya secara resmi bertemu dengan pejabat PA sewilayah PTA Bengkulu.

Rapat koordinasi yang dikemas dengan berbagai kegiatan antara lain pisah sambut Ketua PTA Bengkulu berjalan dengan tertib dan lancar.