Seputar Peradilan

Mengenal Lebih Dekat Ketua PTA Bengkulu Yang Baru

pelmizar

H. Pelmizar

Pergantian pimpinan PTA bergulir kembali seiring dengan terbitnya rapim Mahkamah Agung RI tanggal 23/04/2018. Ketua PTA Bengkulu H. M. Alwi Mallo mutasi menjadi Ketua PTA Manado dan penggantinya adalah Wakil Ketua PTA Medan H. Pelmizar.

H. Pelmizar saat ini menginjak usia 62 tahun (lahir tgl. 11/12/1956) di Durian Kamang Mudik, Kota Padang. Pendidikan H. Pelmizar ditempuh di tanah kelahiran sendiri, mulai dari SD s.d. S.2. Pendidikan S.1 dan S.2 diselesaikan di IAIN Imam Bonjol Padang.

H. Pelmizar memulai karir sebagai CPNS di PA Bukittinggi tahun 1981 dengan golongan ruang II/c. Perlahan tapi pasti, H. Pelmizar melangkah setapak demi setapak meniti karir. Berbagai jabatan dipercayakan kepadanya sampai akhirnya diangkat sebagai Ketua PA Kotobaru tahun 1996. Pada tahun 20013, H. Pelmizar dipromosikan menjadi Ketua PA Payakumbuh Kelas I-B. Hanya tiga tahun di Payakumbuh, atau tepatnya tahun 2006 dipromosikan menjadi Hakim Tinggi PTA Padang.

Pada tahun 2010, H. Pelmizar mutasi menjadi Hakim Tinggi PTA Pekanbaru dan tahun 2012, H. Pelmizar menjadi Hakim Tinggi PTA Jakarta.

Pada tahun 2016, H. Pelmizar ikut assesesment profile dan fit and proper test calon Wakil Ketua PTA. Alhamdulillah, ia pun lulus. Tidak lama kemudian, SK Wakil Ketua pun di tangan. Untuk pertama kali, H. Pelmizar menjadi pimpinan PTA yaitu Wakil Ketua PTA Ambon tahun 2016.

Di PTA Ambon tidak terlalu lama, hanya lebih kurang satu tahun tiga bulan. Selanjutnya H. Pelmizar mutasi menjadi Wakil Ketua PTA Medan pada bulan Juni 2017. Rupanya karir H. Pelmizar semakin berkibar dan meningkat. Dirinya hanya sepuluh bulan di PTA Medan, dan dalam waktu dekat ini H. Pelmizar akan dilantik menjadi Ketua PTA Bengkulu.

Menurut berbagai informasi yang layak dipercaya, H. Pelmizar adalah pemain tenis yang patut diperhitungkan lawan. Pada turnamen tenis perorangan MA yang diadakan di Bandung tahun 2017 yang lalu, H. Pelmizar menjadi salah satu pesertanya. H. Pelmizar turun di partai ganda veteran. Sekalipun belum berhasil menjadi juara pada saat itu, akan tetapi telah menjadi modal bagi tim tenis PTA Bengkulu yang dimotori H. Sudirman Cik Ani dan kawan-kawan.

Saat ini, PTA Bengkulu telah siap menerima kedatangan H. Pelmizar untuk memimpin PTA Bengkulu berduet dengan H. Abd. Hamid Pulungan. Kita berdoa kepada Allah Swt, semoga PTA Bengkulu di bumi rafflesia ini semakin maju pada masa yang akan datang.