Seputar Peradilan

Koperasi PTA Bengkulu Gelar RAT

koperasi 1

Koperasi PTA Bengkulu gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017. Perhelatan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Ambo pantai panjang Bengkulu pada hari Rabu (07/03). Selain dihadiri seluruh pengurus Koperasi, juga tampak hadir Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo dan Wakil Ketua H.Abd. Hamid Pulungan. Dan juga dihadiri HakimTinggi, Panitera, Sekretaris serta pegawai PTA Bngkulu. Hadir juga Ibu-Ibu Dharmayukti PTA Bengkulu.

koperasi 2

Wakil Ketua PTA Bengkulu H. Abd. Hamid Pulungan dalam sambutannya ketika membuka RAT mengingatkan pentingnya keberadaan koperasi yang dapat meringankan kepentingan anggota, misalnya untuk mendapatkan dana. Oleh sebab itu, urai H. Abd.Hamid Pulungan lebih lanjut, Koperasi harus dikelola dengan baik sehingga memberi manfaat bagi seluruh anggota.

“Koperasi ini dari kita oleh kita dan untuk kita, saya harap kepada pengurus koperasi supaya mengelolanya dengan baik,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan.

koperasi 3

Dirinya memberi saran kepada pengurus koperasi supaya berkoordinasi dengan perbankan untuk mendapatkan suntikan dana dengan bunga yang murah. Dengan begitu, anggota yang memerlukan dana tidak perlu lagi berhubungan dengan bank.

Ketua Koperasi PTA Bengkulu Nanang Juanda dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan usaha koperasi masih bersifat simpan pinjam dan telah berjalan dengan baik. Disebutkannya, anggota koperasi PTA Bengkulu adalah semua Hakim Tinggi dan seluruh pegawai yang berjumlah 46 orang. Sampai saat ini, papar Nanang lebih lanjut, koperasi PTA Bengkulu telah dapat menyalurkan dana ke anggota Rp. 50.000.000,00.

RAT ini, papar Nanang lagi, dimaksudkan untuk mengevaluasi kegiatan yang dilakukan selama ini dan untuk mendapatkan masukan dari anggota agar koperasi lebih baik lagi. Selain itu, Nanag juga menginformasikan bahwa koperasi akan beralih menjadi koperasi syariah. Oleh sebab itu, dirinya dan pengurus yang lain mohon saran dan masukan agar maksud tersebut tercapai.

“Alhamdulillah, koperasi PTA Bengkulu telah dapat memberi pinjaman kepada anggota sampai lima puluh juta rupiah dan kami bermaksud menjadikan koperasi menjadi koperasi syariah,” papar Nanang menjelaskan.

Sementara itu, Hj. Asmara Dewi sebagai Ketua Badan Pengawas koperasi dalam laporannya menyebutkan bahwa koperasi PTA Bengkulu telah berjalan dengan baik, kalaupun ada kekurangan masih dalam batas toleransi. “Alhamdulillah, koperasi PTA Bengkulu telah melakukan kegiatan usaha dengan baik dan administrasinya pun dibukukan dengan tertib,” sebut Hj. Asmara Dewi yang juga adalah Panmud Hukum PTA Bengkulu.

Di sisi lain Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo dalam arahannya memberikan apresiasi kepada pengurus koperasi yang telah mengelola koperasi sesuai dengan peraturan koperasi. Dirinya menyetujui rencana pengurus untuk menjadikan koperasi menjadi koperasi syariah. Disebutkannya lebih lanjut, apabila koperasi dikelola berdasarkan prinsip syariah akan memberi manfaat yang lebih besar kepada anggota, selain itu termasuk melaksanakan ajaran agama Islam.

“Saya memberikan apresiasi kepada pengurus koperasi yang telah melakukan yang terbaik bagi kita semua. Adapun rencana pengurus menjadikan koperasi menjadi koperasi syariah, saya sangat setuju,” pungkas H. Alwi Mallo.

Setelah RAT selesai dan ditutup oleh pembawa acara Asmudi dengan ucapan alhamdulillah, lalu semua anggota koperasi makan siang bersama. Nampak suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan sesama anggota, bahkan ada yang saling canda ria antara satu sama lain.