Seputar Peradilan

PTA Bengkulu Gelar Rapat Membahas RKA-KL Tahun 2019

 RKA KL 1

Pembahasan RKA-KL Tahun 2019

Usulan kegiatan dan anggaran yang tertuang dalam rancangan RKA-KL tahun 2019 PTA Bengkulu dibahas dalam rapat yang digelar pada hari Rabu (07/03). Rapat tersebut dihadiri Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo, Wakil Ketua H. Abd. Hamid Pulungan, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan pejabat struktural dan fungsional serta staf.

Dalam uraiannya, Sekretaris PTA Bengkulu Hendriansyah selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) menjelaskan bahwa rancangan RKA-KL tahun 2019 telah dirapatkan pada bagian perencanaan maupun keuangan. RKA-KL tersebut mengacu kepada kebutuhan dan keperluan organisasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dan, untuk mendapatkan saran maupun usul dari seluruh personil PTA Bengkulu agar RKA-KL dapat menampung semua bagian, maka diadakanlah rapat tersebut.

“Bagian perencanaan telah menyusun RKA-KL tahun 2019 dan agar kebutuhan semua bidang terakomodir, maka mohon saran dan usul dari Bapak/Ibu semua sehingga RKA-KL ini lebih sempurna,” ujar Hendriansyah.

Pembahasan RKA-KL mendapat sambutan positif dari seluruh peserta rapat. Masing-masing bagian memberikan saran dan usul maupun penyempurnaan RKA-KL tersebut. Misalnya, saran dari Pak Tarmizi untuk kelengkapan pengadaan genset. Menurut Hakim Tinggi ini, apabila diusulkan pengadaan genset harus juga diusulkan pemeliharaannya seperti pengadaan bahan bakar maupun yang lainnya.

“Saya sarankan agar diusulkan juga dana pemeliharaan genset,” pintanya.

Begitu juga dengan Hakim Tinggi yang lainnya. H. Rusdi misalnya, mengusulkan untuk pemagaran rumah dinas. Lain lagi halnya dengan H. Sutarmadi, Hakim Tinggi yang berasal dari Jawa Tengah ini mengusulkan agar dimuat dana pengadaan penampungan air di rumah dinas. “Berhubung di rumah dinas menggunakan sanyo, maka sangat besar untuk biaya listrik karena tidak ada penampungan air,” paparnya yang diamini oleh Hakim Tinggi lainnya.

Pembahasan RKA-KL tahun 2019 berlangsung dinamis dan banyak usulan dari peserta rapat dan usulan tersebut akan ditampung serta diperjuangkan. “Atas saran dan usul dari Bapak/Ibu ini akan kami tampung pada RKA-KL, insya Allah akan kami perjuangkan,” tandas Hendriansyah berjanji.

Sementara itu, Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pembahasan RKA-KL tersebut. Dirinya memuji bagian perencanaan yang telah menyusun RKA-KL dengan baik dan meminta saran dan usul dari semua bagian di PTA Bengkulu agar RKA-KL lebih baik lagi.

“Saya apresiasi pembahasan RKA-KL yang digelar hari ini, semoga hasilnya dapat menampung saran dan usul dari peserta rapat,” paparnya memuji.

Dalam kesempatan tersebut,  Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo menyampaikan beberapa informasi dari laparon tahunan Mahkamah Agung RI yang digelar pada hari Kamis (01/03) di Jakarta. Disebutkannya, Ketua MA Hatta Ali menyoroti kinerja pengadilan tingkat pertama yang perlu mendapat perhatian, antara lain tentang penyampaian PBT putusan. “Masih ditemukan lambatnya penyampaian PBT putusan sehingga merugikan para pihak, dan Majelis Hakim terkesan memihak. Selain itu, ditemukan juga Hakim bertengkar di ruangan sidang karena berbeda pendapat,” ujar Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo mengutip pernyataan Ketua MA Hatta Ali.

Dijelaskan juga oleh Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo, Presiden RI Joko Widodo yang hadir dalam laporan tahunan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja MA, antara lain keaktifan dalam mengirim LHKPN maupun SAPM.  

“Presiden RI Joko Widodo memuji kinerja MA, misalnya dalam hal penyelesaian perkara, LHKPN dan SAPM,” tandas Ketua PTA Bengkulu H. Alwi Mallo.

Di akhir pembahasan RKA-KL tahun 2019, Sekretaris  PTA Bengkulu selaku KPA mengucapkan terima kasih kepada peserta rapat yang telah memberikan saran dan usul untuk perbaikan RKA-KL. “Terima kasih atas saran dan usul dari Bapak/Ibu dan akan kami tampung dalam RKA-KL, semoga dapat diterima ketika pembahasan di MA,” pungkas Hendriansyah sambil menutup rapat.