Seputar Peradilan

AKHIR TAHUN 2017

TIM MONITORING PTA BENGKULU TURUN GUNUNG

 

Sebagai tindak lanjut hasil pembinaan dan pengawasan HATIBINWASDA (Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu pertengahan tahun 2017 lalu. Tiga bulan pasca pembinaan dan pengawasan tersebut Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi sampai di mana tindak lanjut dan kendala yang dihadapi.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini pertama dilaksanakan bulan November 2017 di Pengadilan Agama Manna dan dalam bulan yang sama dilanjutkan ke Pengadilan Agama Curup. Namun selang beberapa minggu kegiatan kembali dilaksanakan khususnya di bulan Desember 2017 ke Pengadilan Arga Makmur, Pengadilan Agama Bengkulu dan yang terakhir Pengadilan Agama Lebong.

Tim dari monev ini dikomandoi oleh HATIBINWASDA dan dengan anggota dari kepaniteraan dan kesekretariatan. Hasil dari monev ini tentunya akan disampaikan ke Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu selaku ketua pengawas bidang dan nanti akan disampaikan dan dilaporkan ke Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Adapun maksud dari dari pembinaan dan pengawasan yakni untuk memperoleh informasi apakah penyelenggaraan peradilan, pengelolaan administrasi peradilan dan pelaksaaan tugas umum peradilan telah dilaksanakan sesuai rencana atau peraturan yang berlaku, kemudian mencegah terjadinya penyimpangan, maal administrasi dan ketidakefisienan penyelenggaraan peradilan dan yang terakhir menilai kinerja dari masing-masing pejabat yang ada.

Dan tindak lanjut oleh 3 tim monitoring yang diturunkan ke 3 Pengadilan Agama sekaligus di bulan Desember ini, yakni PA Bengkulu Kelas IA, PA Arga Makmur Kelas IB, dan Pengadilan Agama Lebong Kelas II. Pelaksanaan monitoring untuk setiap PA berlangsung  selama 2 hari, dimana setiap tim terdiri dari 5 orang.

Tim monitoring pertama dipimpin langsung oleh Ketua PTA Bengkulu, Drs. H. M. Alwi Mallo, S.H., M.H., yang sekaligus melaksanakan Pembinaan Ketua di Pengadilan Agama Arga Makmur Kelas IB pada tanggal 13 s.d 14 Desember 2017. Tim monitoring kedua melaksanakan monitoring ke PA Bengkulu Kelas IA, pada tanggal 18 s.d. 19 Desember 2017, tim ini diketuai oleh Hakim Tinggi PTA Bengkulu, Drs. H. Mohd. Senil Jahidan, S.H. Terakhir pada tanggal 21 s.d. 22 Desember 2017, dilaksanakan Monitoring Hasil Tindak Lanjut Hasil Pembinaan dan Pengawasan pada Pengadilan Agama Lebong Kelas II, yang ketuai oleh Drs. Hj. Musla Kartini M. Zen, Hakim Tinggi PTA Bengkulu.