Seputar Peradilan

PTA BENGKULU GELAR RAPAT UNTUK PERSIAPAN BEDAH BERKAS PERKARA

.

Hari Kamis tanggal 28 September 2017 diadakan rapat bagian Kepaniteraan di ruang rapat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Rapat ini membahas tentang penyeragaman persepsi  tentang tindak lanjut hasil temuan-temuan bedah berkas perkara di Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Rapat ini dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu H. Abd. Hamid Pulungan dan diikuti Hakim Tinggi, Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Dalam rapat ini Wakil Ketua PTA Bengkulu menjelaskan bahwa PTA Bengkulu sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI harus melaksanakan pembinaan kepada Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Oleh sebab itu, urainya lebih lanjut, Hakim Tinggi bertanggung-jawab terhadap PA yang menjadi pengawasannya.

“Saya minta kepada Hakim Tinggi agar selalu memberikan pembinaan kepada PA yang menjadi tanggung-jawabnya masing-masing,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Dijelaskan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, bahwa atas temuan-temuan Hakim Tinggi ketika melakukan pembinaan di PA maupun yang didapat dari berkas perkara banding perlu dibahas secara bersama-sama. Hal ini dimaksudkan agar Hakim Tinggi satu persepsi terhadap masalah hukum yang melingkupi teknis administrasi, teknis persidangan dan Putusan. Selain itu agar tidak terjadi silang pendapat yang dapat menurunkan wibawa Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu itu sendiri.

Selanjutnya pada kesempatan ini juga,  Wakil Ketua menghimbau agar pelaksanaan bedah berkas yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2017 di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang akan dihadiri oleh Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dapat berjalan tertib dan lancar.