Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas dari Korupsi. Melayani sepenuh hati, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, bersih dan melayani >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

Sosialisasi Aksi Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

sosialisasi

Rabu 25 November 2020, segenap pimpinan dan karyawan-karyawati Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menghadiri Sosialisasi Implementasi Aksi Perubahan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu pada pukul 09.00 WIB dan bertempat di aula PTA Bengkulu. Aksi perubahan ini merupakan tugas lanjutan dari para pegawai yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), antara lain Ibu Apriska Maghlianda, S.M.B., M.M, yang dilanjutkan oleh ibu Dhian Novarina, S.E dan Bapak Mohammad Gegana Kharismawan, S.T.

Pada kesempatan ini reformer terlebih dahulu menyampaikan penjelasan singkat  mengenai diklat PKP masing-masing pegawai, yang dilanjutkan dengan penjelasan mengenai aksi perubahan yang telah dibuat. Kesempatan pertama diberikan kepada Ibu Apriska Maghlianda, S.M.B., M.M untuk memberikan penjelasan, beliau menyampaikan implementasi aksi perubahan yang berjudul “Optimalisasi Monitoring Zona Integritas melalui Aplikasi MONZI pada Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu” dimana aplikasi ini akan dengan cepat dan mudah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap proses pengerjaan ZI yang telah dilakukan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini semua Satker Peradilan tengah berusaha agar berhasil mendapatkan predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diberikan oleh pihak Kemenpan RB.

sosialisasi2

Selanjutnya pemaparan aksi perubahan diteruskan oleh Ibu Dhian Novarina, S.E yang berjudul “Optimalisasi Penertiban Penatausahaan Dokumen secara Digital melalui Aplikasi SIDOIKU pada Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu ”. SIDOIKU merupakan suatu bentuk backup dokumen fisik yang semula menggunakan kertas menjadi paperless yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik sehingga dapat dimonitoring secara berkala. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat dilakukan penertiban tata usaha pengarsipan data terutama data bagian keuangan agar tidak hilang dan rusak. Terakhir dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Mohammad Gegana Kharismawan, S.T dengan judul aksi perubahan “Optimalisasi Jaringan yang Terpusat dan Bebas Gangguan menggunakan Mikrotik pada Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu”. Adapun Gagasan inovasinya yaitu pemanfaatan empat modem internet yang ada dilewatkan mikrotik untuk menggabungkan bandwith kemudian baru disalurkan secara merata. Keuntungan dengan konfigurasi ini yaitu jika salah satu modem yang ada mengalami gangguan, tidak ada ruangan atau jaringan yang disconnect, efeknya hanya akan penurunan bandwith. Keuntungan lainya dengan konfigurasi ini juga bandwith yang didapat bisa dimanfaatkan secara maksimal, karena setiap personal computer akan mendapat bandwith dari empat modem sekaligus. Pada kondisi jaringan sibuk, dapat juga ditetapkan jalur prioritas sehingga pengguna yang dipandang perlu akan mendapat prioritas bandwith pada jaringan.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I sangat mengapresiasi pembuatan aksi perubahan yang dilakukan oleh semua peserta yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tersebut di atas. Dan beliau mengharapkan agar semua aksi perubahan ini dapat segera direalisasikan terutama pada PTA Bengkulu dan juga bisa direalisasikan di Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dalam jangka panjang. Harapan juga muncul kepada pegawai-pegawai yang lain baik yang ada di PTA Bengkulu ataupun di Pengadilan Agama di daerah agar bisa membuat inovasi-inovasi yang membangun seperti ini dengan tujuan akhir adalah demi pelayanan dan kemajuan di segala bidang terutama bidang IT pada Peradilan Agama terkhusus di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.