Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas dari Korupsi. Melayani sepenuh hati, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, bersih dan melayani >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

Rapat Koordinasi dan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

dengan Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

 

rakor nov 2020

Selasa 24 Nopember 2020, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi sekaligus Pembinaan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I kepada seluruh pimpinan dan jajaran Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut beliau mengimbau agar senantiasa bekerja ikhlas dari hati sehingga akan bermuara pada amal ibadah kita pada Allah SWT. Tidak lupa Beliau mengingatkan kepada semua aparatur peradilan di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu agar menjunjung tinggi integritas, menghindarkan diri dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), bermain perkara dan proyek dalam bentuk apapun, menerima gratifikasi dari siapapun, dan lain-lain perbuatan yang dilarang kecuali sesuatu hal yang telah diatur oleh Negara.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu mengatakan bahwa tahun 2021 akan dimulai pembangunan gedung Pengadilan Agama baru seperti Pengadilan Agama Kepahiang, dan semoga bisa diikuti Pengadilan Agama baru yang lain. Beliau menekankan agar proses pembangunan tersebut berpedoman pada prinsip-prinsip pembangunan yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 pasal 6 berupa pengadaan barang/ jasa menerapkan prinsip efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil, dan akuntabel. Penekanan tersebut bertujuan agar bisa bekerjasama secara profesional dan mandiri untuk mencegah penyimpangan dan menghindari penyalahgunaan wewenang.

rakor nov 2020 2

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu juga menjelaskan hasil study banding beliau bersama Ibu Sekretaris, Mirawati Saktiana, S.H.,M.H beserta Tim IT (Moh. Gegana Kharismawan, S.T dan Mara Togu Harahap, S.Kom) dimana dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa PTA Bengkulu sangat concern dan fokus kepada pelayanan publik, untuk itu telah dilakukan pembuatan aplikasi yang diberi nama Interplay-Online sebagai alat untuk melakukan pengawasan dan monitoring guna meningkatkan pelayanan publik pada Pengadilan Agama di wilayah provinsi Bengkulu. YM Ketua Mahamah Agung juga membahas tentang rencana alih fungsi gedung Tipikor kepada Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA. Selain itu, beliau juga menyatakan Insha Allah akan menghadiri hari ulang tahun Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu pada tanggal 14 Desember 2020 secara virtual, dimana pada kesempatan itu rencananya juga akan dilakukan peresmian command center PTA Bengkulu, dan diikuti oleh banyak acara lainnya. Diharapkan dengan aplikasi Interplay-Online ini, pelayanan publik yang ada di Pengadilan Agama di wilayah Provinsi Bengkulu, bisa semakin baik dan konsisten. Lebih jauh diharapkan agar aplikasi Interplay-Online ini bisa dipergunakan di satuan kerja lainnya untuk meningkatkan pelayanan publik di setiap satker yang merupakan tujuan utama dari reformasi birokrasi.

                Demikian, hasil rapat koordinasi dan pembinaan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pengadilan Agama sewilayah, semoga kinerja seluruh aparatur peradilan di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dapat lebih baik lagi.