Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas dari Korupsi. Melayani sepenuh hati, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, bersih dan melayani >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Penguatan Pengawasan dan Monitoring

dengan Inovasi Aplikasi Interplay-Online (Integrasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Secara Online)

Kamis, 19 November 2020 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Mirawati Saktiana, S.H., M.H. beserta Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu (M. Gegana Kharismawan dan Mara Togu Harahap), mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. di ruang kerja Ketua Mahkamah Agung RI.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa PTA Bengkulu sangat concern dan fokus kepada pelayanan publik, untuk itu telah dilakukan pembuatan aplikasi yang diberi nama Interplay-Online sebagai alat untuk melakukan pengawasan dan monitoring guna meningkatkan pelayanan publik pada Pengadilan Agama di wilayah provinsi Bengkulu.

kma KPTa.jpg

Dengan menggunakan aplikasi Interplay-Online ini, PTA Bengkulu sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI di provinsi Bengkulu, langsung dapat melihat pelayanan yang diberikan oleh petugas PTSP kepada pencari keadilan melalui CCTV Online, termasuk melihat jika ada tamu yang masuk ke wilayah streril khusus untuk pegawai dan disinkronkan dengan buku tamu online yang juga dapat diakses oleh PTA Bengkulu, sehingga bisa dicocokkan jumlah tamu yang menemui pegawai PA antara di CCTV dan buku tamu online. Jika ada tidak kecocokan, maka PTA Bengkulu bisa menegur langsung ke PA. Selain itu dalam aplikasi Interplay-Online juga bisa dipantau pengaduan yang masuk ke PA termasuk progress tindak lanjut dari pengaduan tersebut.

KMA SES.jpg

KMa tim

 

Diharapkan dengan aplikasi Interplay-Online ini, pelayanan publik yang ada di Pengadilan Agama di wilayah Provinsi Bengkulu, bisa semakin baik dan konsisten. Lebih jauh diharapkan agar aplikasi Interplay-Online ini bisa dipergunakan di satuan kerja lainnya untuk meningkatkan pelayanan publik di setiap satker yang merupakan tujuan utama dari reformasi birokrasi.

Alhamdulillah, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI menyambut baik adanya inovasi tersebut. Semoga setelah inovasi Interplay-Online ini diresmikan dan efektif digunakan, pengawasan dan monitoring untuk pelaksanaan pelayanan publik pada Pengadilan Agama di provinsi Bengkulu semakin efektif dan efisien dengan hasil pelayanan publik yang memuaskan bagi masyarakat di provinsi Bengkulu.