Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas dari Korupsi. Melayani sepenuh hati, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, bersih dan melayani >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

PTA Bengkulu Lakukan Teleconference Dengan Pengadilan Agama Sewilyah PTA Bengkulu serta Sosialisasi Survei Budaya Kerja

IMG 20200604 WA0004

Pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu mengadakan teleconference dengan Pengadilan Agama Sewilayah PTA Bengkulu dalam rangka pembinaan dan pengawasan rutin.

Acara dibuka oleh Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang juga dihadiri oleh Bapak Wakil Ketua PTA Bengkulu, Sekretaris, Panitera serta seluruh Pejabat Strukutral dan Fungsional dan Karyawan/i PTA Bengkulu. Pembinaan pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. Abd. Hakim M.H.I selaku wakil ketua PTA Bengkulu. Beliau menyampaikan kepada seluruh Pengadilan Agama bahwa dengan adanya SAKIP, APM dan Zona Integritas dilingkungan Mahkamah Agung harus dilaksanakan sesuai amanah dalam bentuk administrasi yang sesuai dengan reformasi birokrasi Mahkamah Agung. Pada saat ini, terdapat 5 (lima) Pengadilan Agama yang diusulkan untuk pembangunan Zona Integritas namun diharapkan juga kepada Pengadilan Agama yang belum diusulkan juga berusaha untuk melakukan pembangunan Zona Integritas. Dimulai dari penyusunan SAKIP, LAKIP, dan APM. Hal tersebut merupakan salah satu pendukung adanya tusi yang efektif dan transparan sesuai dengan asas peradilan yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Selanjutnya pembinaan disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Beliau menyampaikan bahwa banyak didapati putusan dan BAS yang hanya di copy paste saja. Hal ini dapat mempengaruhi rasa keadilan kepada masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut PTA Bengkulu telah melakukan pembinaan dan pengawasan kepada satker yang dibawahnya sesuai dengan instruksi dari Mahkamah Agung seperti melakukan bedah berkas dan  melaksanakan diskusi hukum keseluruh Pengadilan Agama sewilayah PTA Bengkulu. Kemudian Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I. juga mengingatkan kepada satker untuk dapat melaksanakan surat Sekrtaris Mahkamah Agung tentang Survei Implementasi Budaya Kerja.

Terakhir, Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I menyampaikan kepada Pengadilan Agama yang telah diusulkan pencanangan Zona Integritas untuk berusaha lebih maksimal lagi supaya bisa lolos penilaian Zona Integritas. Jika ada eviden yang perlu diperbaiki harap segera ditindaklanjuti.