Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Wilayah Bebas Melayani, Kawasan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi >>>> Kecewa dengan Kinerja Pengadilan....? Adukan Masalah Anda..!!! Pengaduan Anda Dijamin Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman dan Penanganan Pengaduan (Wishleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Seputar Peradilan

Sosialisasi Arsip Digital dan Pemberkasan Perkara Banding

 

a

Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan mempercepat penyelesaian perkara, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi arsip digital dan perkara banding, pada hari Selasa 19 Mei 2020, pukul 09.00 WIB s/d 11.00 WIB. Jajaran Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu mengikuti sosialisasi aplikasi tersebut bertempat di aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut yang menjadi narasumber yaitu, Yasirli Amri, S.Kom, Staf IT dari Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A. Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi pada, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda Banding, Panitera Muda Hukum dan Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

b

Acara dibuka oleh Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan beliau menyampaikan, saat ini Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu telah memiliki inovasi dalam mendukung pelaksanaan Zona Integritas. Aplikasi yang pertama adalah Aplikasi SITABUR (Sistem Aplikasi Tamu Bumi Raflesia) dimana semua tamu akan terdokumantasi dalam aplikasi SITABUR, dan Aplikasi yang kedua terkait perkara banding yang saat ini akan disosialisasikan dan namanya belum kita tentukan. Aplikasi ini Insya Allah akan diluncurkan pada bulan Juni 2020. Sehingga seluruh peradilan dibawah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu akan dimudahkan dalam hal dokumentasi tentang tamu-tamu pengadilan dan dalam segi penanganan dan pengarsipan perkara banding. Selain itu kedua aplikasi ini juga memiliki manfaat yaitu, mengurangi biaya perkara seperti pengadaan berkas dan mempercepat waktu penyelesaian perkara.

Dilanjutkan pemaparan dari narasumber tentang proses dan cara kerja aplikasi ini,serta masukkan dari peserta untuk kesempurnaannya. Dalam penutupan acara Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu menyampaikan, aplikasi ini akan segera diluncurkan kalau ada kekurangan nanti akan kita sempurnakan. Diharapkan kedua aplikasi ini bisa berjalan sesuai dengan semestinya dan aplikasi ini bisa menjadi pendorong terbitnya inovasi lain dalam mendorong Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, dalam mendukung kinerja dan pelayanan terbaik. Amiin. (ZI)